TRILO.CO.ID

Selamat Hari Lahir Pancasila 2024

Tito Minta KPU Jaga Keamanan Data Pemilih dalam Pilkada 2024

Trilo, Jakarta, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian memberikan atensinya terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait keamanan data pemilih pada penyelenggaraan Pemilukada 2024.

Hal itu disampaikan Tito pada acara Penyerahan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) dari Kemendagri RI kepada Komisi Pemilihan Umum  RI sebagai Bahan Penyusunan Daftar Pemilih untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024.

“Tadi saya mengharapkan ada dukungan dari KPU selain kerja sama, komunikasi yang terus dijalin, sambil untuk meng-update data (DP4) ini. Yang kedua juga adalah sistem security-nya, karena menyangkut fitur-fitur yang harus dilindungi, menyangkut data masyarakat, data rakyat. Jadi sistem keamanan KPU kita harapkan bisa kuat,” kata Tito seperti dilansir dari Antara, Jumat (3/4/2024).

Ada beberapa fitur yang harus mendapatkan perlindungan, salah satunya keamanan data pribadi yang telah diatur di dalam Undang-Undang (UU) Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi. Mendagri mewanti-wanti jangan sampai terjadi kebocoran data yang berisiko hukum.

Oleh karena itu, sistem pengamanan terutama untuk cyber security betul-betul dijaga oleh berbagai pihak terkait, dengan mendapat dukungan dari KPU, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), hingga Polri

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama