TRILO.CO.ID

HUT Bhayangkara

Bacabub Batubara H Al Asari membuka Bimtek Integrasi Kurikulum Washliyah dengan Kurikulum Merdeka

Trilo, Batubara,-
Dalam rangka meningkatkan kompetensi guru dilingkungan Perguruan Al Washliyah Tanjung Tiram, Kamad MTs Al Washliyah Tanjung Tiram Sofian Hamdan, S.Pd menggelar acara Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum Merdeka bagi guru-guru yang mengajar di MTs Al Washliyah Tanjung Tiram, Sabtu ( 1/6/2024).

Bimtek yang digelar selama dua hari dimulai tanggal 1 dan 2 Juni 2024 dilaksanakan di gedung lantai dua Perguruan Al Washliyah Tanjung Tiram dan diikuti oleh 32 orang peserta.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Ketua PD Al Washliyah Batu Bara yang juga Balon Bupati Batu Bara H Al Asari, S.Ag., M.Si didampingi sekretaris Muhammad Syafri, SH., Kakan Kemenag Batu Bara yang dihadiri oleh Kasi Pendis Kemenag Batu Bara H Sahari Mauludin, M.Pd., Ketua Majelis Kader PW Al Washliyah Sumatera Utara Rahmad Jami, M.Pd., Kamad MTs Al Washliyah Tanjung Tiram Sofian Hamdan, S.Pd dan para tenaga pendidik dan kependidikan MTs Al Washliyah Tanjung Tiram.

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran dan dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Muslim Sinaga, SHI.

Laporan Kamad MTs Al Washliyah Tanjung Tiram oleh Sofian Hamdan dan sambutan dari Kasi Pendis Kemenag Batu Bara H Sahri Mauludin.

Dalam laporannya Sofian mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas para guru dalam menerapkan kurikulum Merdeka.

Sementara Kasi Pendis Kemenag Batu Bara turut menyampaikan bahwa secepatnya MTs Al Washliyah Tanjung Tiram mendaftarkan diri sebagai piloting penerapan kurikulum merdeka dan pendaftaran tersebut dapat dilakukan dengan cara online.

"Kami menyambut dengan baik pelaksanaan bimtek ini dan memberikan apresiasi kepada Kamad MTs Al Washliyah Tanjung Tiram", ungkap Sahri Mauludin

Lebih lanjut, Kegiatan bimtek ini diisi oleh Rahmad Jamil, M.Pd Ketua Majelis Kader Al Washliyah Sumatera Utara yang juga bertugas sebagai Analis Kurikulum dan Pelajaran Kasi Kurikulum Kakan Kemenag Sumatera Utara.

Bimtek Implementasi kurikulum merdeka di buka secara resmi oleh ketua PD Al Washliyah Batu Bara Ayahanda H Al Asari, S Ag., M.Si. yang juga salah satu Balon Bupati Batu Bara tahun 2024.

Dalam bimbingan dan arahan yang disampaikan oleh Al Asari dihadapan peserta memberikan semangat dan dorongan kuat dengan menjelaskan tentang pentingnya kualitas diri menjadi seorang pendidik.

"Pengurus Daerah Al Washliyah Batu Bara memberikan apresiasi yang tinggi kepada bapak Kamad MTs Al Washliyah Tanjung Tiram yang sudah menggelar acara Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka bagi guru selama dua hari"

"Hari ini adalah hari libur namun kami melihat tidak ada tanggal merah di Madrasah ini sebab di hari libur pun dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan yang positif bagi pengembangan kompetensi guru,

"Kami menyambut hangat program ini dan terus mendorong agar selalu ada gagasan cemerlang dan pemikiran yang cerdas untuk kebaikan Madrasah kita,

"Keberadaan tenaga pendidik yang berkualitas dan berkompetensi sangat urgen dalam kegiatan belajar mengajar" ujar Al Asari.

Guru profesional selain memahami identitas diri sebagai guru juga harus memiliki kompetensi yang mumpuni di bidang kurikulum.

Jadi penguasaan kurikulum menjadi bagian penting untuk guru agar dapat menjalankan fungsinya secara baik.

Profesi guru merupakan profesi terhormat walaupun beban kerja administrasi begitu banyak namun yakin dan percayalah bahwa janji Allah SWT untuk guru begitu luar biasa, semangat Balon Bupati Batu Bara dihadapan peserta.

Sesungguhnya makhluk Allah di bumi memberikan sholawat kepada guru dan profesi guru merupakan ikhtiar membangun jalan pintas menuju surga.

Al Asari juga menambahkan, Al Washliyah dengan Amal usaha Pendidikan akan terus berikhtiar untuk memberikan yang terbaik agar lahir generasi terbaik umat ini yang beriman, bertaqwa, cerdas, kreatif dan berakhlak mulia.

"Kita ingin mengembalikan masa kegemilangan pendidikan Al Washliyah dengan Kurikulum Washliyahnya yang terbukti melahirkan para 'alim ulama tersebar di wilayah Nusantara dan Asia Tenggara. Untuk itu dalam kesempatan Bintek ini kami menitipkan pesan kepada nara sumber agar dapat memberikan penjelasan kepada kami bagaimana mengintegrasikan kurikulum Al Washliyah dengan Kurikulum Merdeka,

Hal ini penting agar dapat berjalan beriringan satu dengan lainnya, 

Kita berharap kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti bimtek ini dengan serius sampai akhir dan diharapkan dapat meningkatkan kompetensi guru dilingkungan Perguruan Al Washliyah Batu Bara umunya. Tutup balon Bupati Batu Bara ini dengan semangat" . (Red)

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama