TRILO.CO.ID

Selamat Hari Lahir Pancasila 2024

Lansia Bisa Menjadi Subyek Pembangunan



Batubara, TRILO ,- Lansia sebenarnya dapat berdaya sebagai subyek dalam pembangunan di berbagai sektor. Di dalam lingkungan keluarga dan di lingkungan masyarakat dapat berperan sebagai agen perubahan dalam mewujudkan keluarga sehat dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki.

Hal itu disampaikan Bupati Batubara, Zahir dalam pidatonya menyambut Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2023 yang digelar di Kecamatan Limapuluh Pesisir, kemarin.

Dikatakannya, terkait dengan urusan kesejahteraan, pemerintah berupaya mewujudkan salah satu cita-cita pembangunan, yaitu terciptanya komunitas lanjut usia yang sehat, berdaya dan sejahtera.

Untuk meningkatkan itu, sebut bupati, pemerintah membutuhkan dukungan dari sejumlah stakeholder termasuk praktisi maupun instansi keagamaan.


"Oleh sebab itu, pada bertambahnya usia bulan berarti tidak berdaya. WHO telah mencetuskan konsep active aging sebagai proses optimalisasi kesempatan kesehatan, partisipasi, dan keamanan untuk meningkatkan kualitas hidup seiring bertambahnya usia" Kata Bupati.

Artinya,, menurut dia, perlu diciptakan lingkungan yang memungkinkan seseorang terus aktif dan sehat secara optimal baik fisik, sosial, maupun psikologis dalam kehidupan sehari-hari. Hal itu menjadi penting, terlebih, dalam tradisi Timur, orang tua yang sudah berusia lanjut merupakan sumber nasehat dan restu sehingga harus dihormat.

"Momentum Hari Lansia Nasional ini dapat kita maknai bersama sebagai bendera start untuk melindungi dan memenuhi hak lansia. Mari kita optimalkan potensi lansia dan memandang lansia sebagai salah satu aset bagi kemajuan bangsa" Sebut Bupati dalam naskah yang dibacakan asisten I Russian Heri.

Pada pelaksanaan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Pemkab Brubara bekerjasama dengan Kementerian sosial Republik Indonesia melalui Sentra Bahagia. Aktivitas itu, diikuti sekira 100 orang Lansia yang turut menerima bantuan sosial dari pemerintah. 

Dalam kesempatan itu, hadir sejumlah Kepala Sentra Bahagia, Imam Nurdin, unsur pemerintahan tingkat kecamatan dan desa serta Plt. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Batubara, Nur Rahmad.S.sos. (sumber :Rilis Dinsos PPA)

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama